Kamar Misterius di Reruntuhan Aztec Kuno Ditemukan. Dan Kondisi Masih Tersegel.

Di jantung modern Mexico City terletak kuil Aztec besar dikenal sebagai Templo Mayor, yang pernah menjadi pusat ibukota suci kekaisaran Pra-Columbus yaitu Tenochtitlán. Dengan penemuan baru dari lokasi upacara dan dua kamar tersegel di bawah landmark terkenal, arkeolog percaya bahwa mereka mungkin memiliki kesempatan untuk mengungkap misteri yang telah membingungkan mereka selama berabad-abad, yang akhirnya mengungkapkan makam dari beberapa raja Aztec besar.

Dengan eksplorasi mereka yang terus-menerus akhirnya terowongan yang tersembunyi ditemukan pada tahun 2013, para peneliti sekarang telah menemukan sebuah lorong yang mengarah menuju struktur melingkar yang menyerupai Cuauhxicalco – ruang ritual, menurut laporan kuno, digunakan untuk membakar mayat penguasa Aztec. Ini didampingi oleh dua pintu tersegel, yang para arkeolog berspekulasi berfungsi menjaga ruang pemakaman penguasa tersebut.

Setelah mengumumkan penemuan tersebut, peneliti Leonardo Lopez Lujan menjelaskan bahwa “dari sebuah sumber mengatakan, Cuauhxicalco adalah sebuah bentuk struktur penguburan, jadi kita bisa berspekulasi bahwa di balik dinding ini mungkin ada dua kamar kecil yang berisi sisa-sisa pembakaran beberapa pemimpin. “Dilihat pada masa candi, para penggali percaya bahwa setiap makam yang ditemukan di sini bisa menjadi milik beberapa penguasa Aztec awal, termasuk Montezuma I, yang memerintah 1440-1469.

Namun, arkeolog mendesak masyarakat untuk tidak terlalu bersemangat dulu, seperti penggalian ruang ini tidak akan dimulai hingga tahun depan, yang berarti bahwa untuk saat ini isinya harus tetap menjadi subyek spekulasi. Seperti beberapa pengamat berkomentar, ini bukan pertama kalinya harapan telah muncul mengenai kemungkinan ditemukannya sisa-sisa raja Aztec, namun sejauh ini semua telah berakhir dengan kekecewaan. Akibatnya, tradisi penguburan yang dilakukan setelah kematian penguasa di kerajaan Aztec tetap tidak diketahui.

Berkembang dari abad pertengahan ke-14 sampai 1521, kekaisaran terbentang pada sebagian besar Mesoamerika utara, dengan ibukota, Tenochtitlán, yang didirikan pada sebuah pulau di danau yang sekarang sudah menjadi kering yang kini menjadi Mexico City. Pada pusatnya adalah kawasan suci yang dikelilingi oleh dinding, di mana berdiri dua piramid berundak yang berfungsi sebagai tempat suci untuk dewa Matahari Huitzilopochtli dan dewa hujan Tlaloc.

Catatan sejarah dan penggalian arkeologi telah memberikan rincian tentang sejumlah kegiatan yang terjadi di sini, yang berpusat sekitar pengorbanan manusia. Menurut beberapa laporan, lebih dari 20.000 orang dibantai di sini setiap tahun, dengan jantung mereka dicongkel dari dada mereka dan diangkat tinggi-tinggi sementara jantung masih berdetak, sebagai persembahan kepada para dewa.

Namun, dengan tidak ada makam penguasa yang belum digali, sejarawan tetap dalam ketidaktahuan bagaimana raja kekaisaran dihormati, dibakar atau dikubur ketika mereka meninggal.

Sumber :

http://m.disclose.tv/…/mysterious_chambers_discovere…/125154

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close