Teka-teki Dodecahedra Romawi

Dodecahedra Romawi adalah, objek berongga kecil yang terbuat dari perunggu atau (lebih jarang) batu, dengan bentuk geometris yang memiliki dua belas sisi datar. Setiap sisi adalah pentagon, bentuk segi lima.

Dodecahedra Romawi juga dihiasi dengan serangkaian tombol-tombol pada setiap titik sudut segilima, dan pentagon menghadapi dalam banyak kasus mengandung lubang melingkar di dalamnya. Lebih dari 200 tahun setelah mereka pertama kali ditemukan, peneliti tidak dapat memahami asal-usul dan fungsi obyek misterius ini.
Masa Dodecahedra ini berkisar antara abad ke- 2 hingga 3  Masehi, dan berciri  ukuran berkisar 4 cm hingga 11cm. Sampai saat ini, lebih dari seratus artefak ini telah ditemukan di Inggris, Belgia, Jerman, Perancis, Luksemburg, Belanda, Austria, Swiss, dan Hungaria.

Misteri besarnya adalah: bagaimana caranya bekerja dan apa yang bisa dilakukan? Sayangnya, tidak ada dokumentasi atau catatan tentangnya sejak penciptaan mereka, sehingga fungsi dodecahedra ini belum bisa ditentukan.

Namun demikian, banyak teori dan spekulasi telah diajukan selama berabad-abad :

sebagai wadah lilin (lilin ditemukan di dalam salah satunya), dadu, instrumen survei, perangkat untuk menentukan tanggal menabur bibit secara optimal gandum pada musim dingin, alat pengukur untuk mengkalibrasi pipa air atau pangkalan militer standar, staf atau tongkat dekorasi, mainan untuk melemparkan dan menangkap tongkat, atau hanya sebuah patung geometris.

Di antara spekulasi ini, beberapa pantas mendapat perhatian.
Salah satu teori yang paling diterima adalah bahwa Dodecahedron digunakan sebagai alat pengukur, lebih tepatnya sebagai objek rentang pengukuran di medan perang. Hipotesisnya adalah bahwa Dodecahedron itu digunakan untuk menghitung lintasan proyektil. Ini bisa menjelaskan ukuran lubang yang berbeda pada Pentagram. Sebuah teori yang sama melibatkan Dodecahedra sebagai perangkat survei dan meratakan. Namun, tak satu pun dari teori ini telah didukung oleh bukti apapun dan menentukan secara persis bagaimana Dodecahedron dapat digunakan. Hingga kini tujuannya belum sepenuhnya dapat dijelaskan.

Salah satu teori yang lebih menarik adalah proposal yang foamy man Dodecahedra sebagai alat ukur astronomis untuk menentukan tanggal menabur optimal gandum pada musim dingin.

Menurut G.M.C. Wagemans, “Dodecahedron adalah instrumen ukur astronomi  dengan sudut sinar matahari yang dapat diukur dan dengan demikian jatuh pada satu tanggal tertentu di musim semi, dan satu tanggal di musim gugur dapat ditentukan dengan akurat.

Pengukuran tanggal ini mungkin penting untuk pertanian “. Namun demikian, lawan dari teori ini telah menunjukkan bahwa penggunaan sebagai alat ukur apapun tampaknya tidak dapat diterima dengan fakta bahwa Dodacahedra tidak berukuran standar dan berbentuk dalam berbagai ukuran dan pengaturan.

Teori yang belum terbukti lainnya mengklaim bahwa Dodecahedra adalah peninggalan agama, pernah digunakan sebagai alat sakral oleh para Druids dari Britannia dan Kaledonia. Namun, tidak ada catatan tertulis atau bukti arkeologi untuk mendukung pandangan ini. Mungkinkah barang aneh ini hanyalah mainan atau permainan rekreasi untuk para legiuner, selama musim perang?

Beberapa sumber menyatakan ini adalah obyek sentral dalam permainan mangkuk mirip dengan hari ini, dengan artefak ini digunakan sebagai penanda dan para pemain melemparkan batu ke tanah di dalam lubang Dodecahedra tersebut.

Penemuan lain menambah misteri tentang fungsi benda tersebut. Beberapa waktu lalu, Benno Artman menemukan Icosahedron Romawi (polyhedron dengan dua puluh sisi), salah mengklasifikasikan sebagai Dodecahedron hanya pada pandangan sekilas, dan menyingkirkannya dalam penyimpanan bawah tanah museum. Penemuan ini menimbulkan pertanyaan tentang apakah ada banyak artefak lainnya geometris sejenis – seperti, icosahedra, segi enam, octagons – belum ditemukan di tempat yang dulunya Kekaisaran besar Romawi.

Meskipun banyak pertanyaan yang belum terjawab, satu hal yang pasti, bahwa Dodecahedra Romawi sangat dihargai oleh pemiliknya. Hal ini dibuktikan oleh fakta bahwa sejumlah dari mereka ditemukan di antara timbunan harta, diantara koin dan barang berharga lainnya. Kita mungkin tidak pernah tahu tujuan sebenarnya dari Dodecahedra Romawi, tetapi kita hanya bisa berharap bahwa kemajuan dalam arkeologi akan menggali lebih dalam petunjuk yang akan membantu memecahkan teka-teki kuno ini.

Referensi :

Roman dodecahedron – Wikipedia. Available from: http://en.wikipedia.org/wiki/Roman_dodecahedron

The Roman dodecahedron – Legends and Chronicles. Available from: http://www.legendsandchronicles.com/ancient-artifacts/the-roman-dodecahedrons/

Roman dodecahedra – George Hard. Available from: http://www.georgehart.com/virtual-polyhedra/roman_dodecahedra.html

Has The Roman Dodecahedron Mystery Been Solved? – Red Ice Creations. Available from: http://redicecreations.com/article.php?id=30435

Has The Roman Dodecahedron Mystery Been Solved? – Gralien Report. Available from:

Has The Roman Dodecahedron Mystery Been Solved?

The Roman Pentagon Dodecahedron: An Astronomic Measuring Instrument for Determining the Optimal Sowing Date for Winter Grain – By G.M.C. Wagemans. Available from: http://www.romandodecahedron.com/the-hypothesis

Sumber :

http://www.ancient-origins.net/artifacts-other-artifacts-news-unexplained-phenomena/enigma-roman-dodecahedra-002371#ixzz3wl8NWHVe

Comments

comments

Leave a Reply

*

Close