Kalender Suku Maya

Kalender Suku Maya.

Kalender Suku Maya sebenarnya bukan salah satu kalender yang digunakan Barat untuk referensi hari ini. Ini sebenarnya sistem yang kompleks dari beberapa kalender yang digunakan bersama-sama.

Dua kalender yang digunakan bersama adalah Tzolk’in dan Haab (samar-samar). Kalender Tzolk’in yang terdiri dari 260 hari. Haab terdiri dari 365 hari. Pemanfaatan gabungan kalender ini menciptakan siklus terdiri dari 52 Haabs (52 tahun) dan disebut sebagai Kalender Bundar. Siklus kecil dari 13 hari (Trecena) dan 20 hari (veintena).

Kalender lain yang digunakan untuk melacak waktu yang cukup lama ini disebut sebagai Long Count (Hitungan Panjang). Kalender ini digunakan untuk melacak tanggal relatif satu sama lain pada skala linear dan menggunakan sistem desimal numerik untuk mencatat tanggal.

Sebagai contoh, Menurut Maya tanggal 21 Desember 2012 adalah 13.0.0.0.0. Menghitung panjang siklus disebut sebagai “Siklus Besar” yang berlangsung selama 5.125,36 tahun. Mengkorelasikan dengan kalender Gregorian yang digunakan oleh kebanyakan orang di dunia hari ini, tanggal mulai saat ini dihitung dengan panjang siklus yang dimulai pada Tanggal 11 Agustus 3.114 SM.

Siklus menarik lainnya adalah keakuratan equinoks yang berlangsung sekitar 26.000 tahun. Hitungan panjangnya 5.125 tahun adalah 1 / 5 dari siklus tersebut. 21 Desember 2012 menandai akhir Long Count dan Siklus Presesi (Siklus gerakan kerucut sumbu bumi yang lambat).

Sebuah kejadian astronomi menarik akan berlangsung pada hari itu. Matahari akan terlihat dalam hubungannya dengan titik persimpangan khatulistiwa galaksi dan Ekliptika yang oleh bangsa Maya disebut sebagai Pohon Suci.

Karena ini terjadi pada titik balik matahari pada musim dingin, ini memberikan bukti jelas bahwa tepat pada hari terakhir kalender Maya adalah pada Tanggal 21 Desember 2012.

Beberapa orang mengatakan 22 Desember, 23 atau bahkan tanggal lain. Namun, titik balik matahari adalah hari penting untuk bangsa Maya dan adalah logis untuk menyimpulkan siklus kalender mereka pada hari ini, ditambah dengan fakta astronomi yang jarang terjadi, ditetapkan Bangsa Maya bertepatan dengan kejadian yang berlangsung hari itu.

Secara keseluruhan, sistem kalender Maya adalah menakjubkan dan kompleks. Ini adalah sistem kalender paling akurat yang pernah diciptakan oleh siapa pun.

Sumber :

Video :

https://youtu.be/qhWItvjk9Yg

http://en.wikipedia.org/wiki/Mayan_calendar

http://www.pauahtun.org/Calendar/

http://www.world-mysteries.com/sar_3.htm

http://webexhibits.org/calendars/calendar-mayan.html

Comments

comments

Close