Produk kamera High-Resolution Imaging Science …

Produk kamera High-Resolution Imaging Science Experiment (HiRISE) yang terpasang pada Mars Orbiter, Menunjukkan Wajah Planet Merah yang tidak pernah dibayangkan sebelumnya.

Mars Reconnaissance Orbiter (MRO) telah mengungkapkan serangkaian gambar yang menakjubkan ketika mengambil gambar di wilayah barat laut Mars yang dikenal Palung Nili Fossae dan salah satu yang tempat paling berwarna-warni di planet merah.

Foto yang diambil oleh instrumen HiRISE tersebut, dipasang di atas wahana pengintai Mars Orbiter yang memungkinkan melihat daerah di planet ini yang nampak diliputi oleh debu dan regolith ini, dan ternyata Mars adalah salah satu dunia asing yang paling indah di tata surya kita, tidak semerah yang terpikirkan.

Gambar Mars Reconnaissance Orbiter menunjukkan komposisi warna yang berbeda, diantaranya karena mineral dalam kerak Mars yaitu : antara lain karbonat dan besi oksida.

Menurut juru bicara NASA, tugas berikutnya dari MRO akan memeriksa daerah dengan tanda-tanda kehidupan yang suatu hari nanti bisa muncul di Mars.

“Palung Nili Fossae adalah celah besar di permukaan Mars,” jelas juru bicara NASA.

“Wilayah ini memiliki salah satu daerah terbesar, yang paling beragam mineral lempung [yang] mengandung air dalam struktur mineralnya dan dapat mempertahankan bahan organik. Para ilmuwan sangat antusias mempelajari deposit tersebut untuk memahami lingkungan masa lalu yang bisa mendukung kehidupan. ”

Menariknya, dalam beberapa bulan terakhir, Mars telah menjadi sangat populer di kalangan peneliti yang menyarankan, berdasarkan beberapa penelitian, memungkinkan Mars memendam kehidupan di masa lalu.

Ternyata Mars ‘tidak semerah yang kita yakini di masa lalu, planet itu lebih mirip Bumi, ketika “Planet Merah” ini ditutupi oleh lautan luas, sungai, dan danau.

Sumber :

http://www.ancient-code.com/not-as-red-as-we-thought-nasa-publishes-colorful-images-of-mars/

Comments

comments

Close