Ilmuwan Mengonfirmasi Dua Lapisan Misterius …

Ilmuwan Mengonfirmasi Dua Lapisan Misterius Informasi yang Tersembunyi Pada DNA Kita.

Sesuatu yang telah dikenal para ahli biologi selama bertahun-tahun, dan mereka bahkan sudah bisa mengetahui protein yang bertanggung jawab memperbanyak DNA. Tapi sekarang sekelompok fisikawan telah mampu menunjukkan untuk pertama kalinya melalui simulasi bagaimana informasi tersembunyi ini mengontrol evolusi kita.

Fisikawan teoritis telah mengkonfirmasi bahwa itu bukan hanya berisi informasi yang dikodekan dalam DNA kita yang membentuk siapa diri kita – selain itu juga cara DNA melipat sendiri, yang mengendalikan gen yang ada di dalam tubuh kita.

Lapisan DNA Tersembunyi.

Sebuah tim dari Universitas Leiden di Belanda sekarang telah mampu menilik kembali dan melihat proses pada skala genom secara keseluruhan, dan mengonfirmasi melalui simulasi komputer menunjukkan bahwa isyarat mekanik sebenarnya dikodekan ke dalam DNA kita.

Para ahli fisika, yang dipimpin oleh Helmut Schiessel, melakukannya dengan mensimulasikan genom baik dari ragi roti maupun ragi pembelahan, dan kemudian secara acak menentukan hasil pada lapis kedua informasi DNAnya, lengkap dengan isyarat mekanik.

Mereka mampu menunjukkan bahwa isyarat ini mempengaruhi bagaimana DNA melipat dan protein yang terungkap – bukti lebih lanjut bahwa mekanisme DNA yang ditulis dalam DNA kita, dan sangat penting dalam evolusi kita selain kode itu sendiri.

Ini berarti para peneliti telah mendapat petunjuk bahwa ada cara lain mutasi DNA dapat dipengaruhi :

Dengan cara mengubah huruf dalam DNA kita, atau hanya dengan mengubah isyarat mekanis yang mengatur cara untaian DNA melipat diri.

DNA yang Melipat sendiri Mengontrol Gen didalam Tubuh Kita.

“Mekanisme struktur DNA dapat berubah, sehingga dalam kemasan yang berbeda dan dalam tingkat aksesibilitas DNA, berakibat beragamnya frekuensi produksi protein.” jelas mereka.

Sekali lagi, ini membenarkan apa yang para ahli biologi sudah ketahui, tapi yang menarik adalah kenyataan bahwa simulasi komputer membuka kemungkinan bagi para ilmuwan memanipulasi isyarat mekanik yang membentuk DNA – yang berarti mungkin suatu hari dapat melipat DNA untuk menyembunyikan gen yang tidak diinginkan, seperti gen yang memicu penyakit.

Kita masih terlalu jauh untuk melakukan hal itu, tetapi kini banyak ilmuwan lebih memahami bagaimana DNA kita dikendalikan dan dilipat, semakin dekat kita untuk dapat meningkatkan hasilnya.

(Via-sciencealert.com).

Sumber :

http://m.disclose.tv/news/sciencealert/131997?utm_source=facebook&utm_medium=fb_organic

Comments

comments

Close