Batu Bersusun Unik di Sidomulyo Tarik Perhatian …

Batu Bersusun Unik di Sidomulyo Tarik Perhatian Peneliti.

Susunan batu yang unik ditemukan di Bukit Pajangan Dusun Makemdowo Desa Sidomulyo Kecamatan/Kabupaten Purworejo pascabencana tanah longsor pertengahan Juni 2016. Batu andesit yang tersusun unik bahkan dinilai menyerupai candi itu menarik perhatian sejumlah peneliti bidang geologi.

Batu tersebut dinilai unik karena berbentuk potongan balok berukurang 1,5 meter – 3 meter. Batu andesit itu tersusun berundak dengan posisi horisontal dan miring. Susunan rapi itu terhampar sepanjang 200 meter dengan ketinggian sekitar 150 meter. “Longsor di lereng Bukit Pajangan menyebabkan tanah yang menutup susunan batu terkelupas,” kata Marwoto Kepala Desa Sidomulyo, menjawab pertanyaan KRjogja.com, Minggu (14/8/2016).

Peneliti yang datang ke desanya antara lain dari Universitas Islam Indonesia (UII) Yogyakarta. “Kebetulan mahasiswa UII memang sedang KKN di desa kami, rektor membawa rombongan peneliti geologi datang sekaligus mengecek ke lokasi,” ujarnya.

Menurutnya, ada pernyataan dari tim peneliti UII yang menjadi perhatian warga, yakni seandainya susunan batu itu betul-betul candi, maka ukurannya lebih besar dibandingkan Borobudur. Selain itu, usia batuan diduga lebih tua.

Kendati demikian, katanya, perlu dilakukan penelitian lebih lanjut untuk memastikan apakah struktur tersebut bentukan alam atau manusia. “Pengalaman saya bekerja di Museum Nasional Jakarta, batuan di Bukit Pajangan berbeda dengan batu sungai pada umumnya,” tuturnya.

Sumber :

http://krjogja.com/web/news/read/5956/Batu_Bersusun_Unik_di_Sidomulyo_Tarik_Perhatian_Peneliti

Comments

comments

Close