Heboh, Warga Menggali Kijing Miring di Permakaman …

Heboh, Warga Menggali Kijing Miring di Permakaman Sukoharjo Temukan Benda Mengejutkan.

Warga Desa Pucangan, Kecamatan Kartasura, Kabupaten Sukoharjo, Jawa Tengah, menemukan benda purbakala yang mirip Yoni.

Pria bernama Wiyono Saputro (46) yang menemukan yoni atau benda yang biasanya diletakan di bagian tengah candi Hindu dan digunakan untuk dasar penempatan lingga atau arca.

Wiyono menemukan benda mirip Yoni di area pemakaman umum Sraten, Pucangan, Kartasura, Minggu (14/8/2016) malam.

“Sebelum-sebelumnya saya pikir itu juga kijing (batu nisan makam) tetapi gak jejeg (tegak lurus) namun miring. Bentuknya juga beda dari kijing yang biasanya persegi panjang, kalau ini bentuknya segi empat,” ujar Wiyono.

Setelah itu, akhirnya dia bercerita dengan kenalannya yang akhirnya mengatakan bahwa benda itu bukan kijing kuburan tetapi yoni lantaran memiliki sebuah lubang persegi di tengahnya.

Akhirnya setelah melakukan rapat kampung bersama warga lainnya, Wiyono dan warga menggali tanah dan memang ditemukan benda yang mirip dengan yoni.

“Selain itu kami juga menemukan batu bata yang ukurannya lebih besar dari batu bata yang ada sekarang ini. Bahkan kalau dibanding bata tembok keraton lebih besar ini,” jelasnya.

Sumber :

http://jateng.tribunnews.com/2016/08/15/heboh-warga-menggali-kijing-miring-di-permakaman-sukoharjo-temukan-benda-mengejutkan

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close