Indonesia BEDA dengan Amerika …

Indonesia BEDA dengan Amerika
Salah asuh bikin rusuh merusak persatuan n kesatuan bangsa n negara
*waspada virus democra(z)y

Indonesia terbentuk dari berbagai suku bangsa pribumi jajahan VOC/Belanda yang sama-sama berontak dimasa penjajahan Jepang, dan kemudian memproklamasikan kemerdekaannya tanggal 17 Agustus 1945 menjadi negara-bangsa.

Sedangkan Amerika Serikat (AS) terbentuk dari berbagai etnis dan ras dari berbagai negara (utamanya dari benua eropa) yang berpetualang mengadu nasib di benua Amerika, lalu menjarah dan menjajah suku bangsa Indian, penduduk pribumi Amerika.

Para pendatang itu lalu mendirikan negara AS ditahun 1776, setelah memerdekakan diri dari koloni Inggris, dan setelah sebelumnya ditahun 1658 berhasil menyingkirkan berbagai suku Indian, dan mengisolasinya di 326 daerah reservasi, yang totalnya wilayahnya hanya seluas 2,3 % wilayah AS.

Rasiskah saya bila kuatir pribumi Indonesia akan mengalami nasib yang sama seperti Indian di AS, Aborigin di Australia, atau seperti Maori di New Zealand, karena bangsa kita sok ikut-ikutan ‘demokratis’ seperti AS yang menganggap (sesama) ‘pendatang’ itu sama, dan pribumi tempatkan saja di daerah reservasi untuk dijadikan obyek turis.

By Suryo prabowo

Comments

comments

Close