Apa Itu Ion Positif & Ion Negatif ? …

Ion merupakan atom atau gabungan beberapa atom yang mempunyai muatan listrik positif atau negatif. Atom atau kumpulan atom yang memiliki muatan listrik positif disebut ion positif atau kation. Sedangkan, yang bermuatan listrik negatif disebut ion negatif atau anion.

Ion.

Elektron yang mengelilingi inti atom terus bergerak sambil berputar pada sumbunya. Akan tetapi, elektron dapat meninggalkan atom karena sesuatu hal, seperti pemanasan, medan listrik, dan medan magnet. Elektron yang keluar dari suatu atom dapat masuk ke atom lainnya. Akibatnya, atom yang kehilangan elektron akan menjadi atom yang bermuatan listrik positif karena jumlah proton menjadi lebih besar daripada jumlah elektronnya, sedangkan atom yang kedatangan elektron menjadi atom bermuatan listrik negatif karena jumlah elektronnya melebihi jumlah protonnya.

Peristiwa Pada Ion.

Peristiwa terurainya suatu zat menjadi ionion disebut ionisasi. Hasil ionisasi disebut ion. Elektron yang dapat keluar atau masuk ke suatu atom adalah elektron yang berada di kulit terluar. Ionisasi atom hanya terjadi pada atom-atom yang jumlah elektron paling luarnya tidak sama dengan 8, 18, atau 32. Atom-atom yang jumlah elektronnya sama dengan bilangan-bilangan tersebut sangat sulit terionisasi sehingga disebut unsur gas mulia.

Jumlah elektron yang terlepas atau masuk tergantung pada jumlah elektron pada kulit terluar dengan ketentuan sebagai berikut.

Jika jumlah elektron terluar kurang dari 4 elektron maka atom ini cenderung melepaskan elektron;

jika jumlah elektron terluar antara 4 dan 8 maka atom ini cenderung menerima elektron;

jumlah elektron yang diterima atau dilepaskan membuat jumlah elektron di kulit itu menjadi 8;

jika jumlah elektron pada kulit terluar sama dengan 4 maka atom ini dapat melepas atau menerima elektron, tergantung dengan unsur apa atom itu berinteraksi;

jika jumlah elektron pada kulit terluar sama dengan 8 maka atom itu sangat sukar melepas maupun menerima elektron.

Ion Positif (Kation) Ion Negatif (Anion).

Beberapa contoh kation dan anion dapat kita lihat pada tabel berikut ini.

Kation (ion positif) dan anion (ion negatif) dapat bergabung membentuk senyawa ion yang disebut senyawa ionik. Senyawa ionik dapat menghantarkan listrik. Contoh yang paling sederhana adalah senyawa natrium klorida atau garam dapur yang terdiri dari ion Na+ dan ion Cl-. Ion Na+ dan ion Cl- akan tarik-menarik membentuk suatu senyawa NaCl (garam dapur) karena terdiri dari dua buah muatan listrik yang berlawanan. Untuk menguraikan senyawa NaCl ini menjadi unsur-unsur pembentuknya dapat dilakukan dengan cara mengalirkan arus listrik ke dalam lelehan natrium klorida (NaCl) sehingga NaCl ini akan terurai menjadi ion Na+ dan ion Cl-.

Ion Negatif Yang Luar Biasa.

Membantu melancarkan dan membersihkan sirkulasi darah, meingkatkan metabolisme jaringan dan aktivitas sel dan kekebalan tubuh serta menjaga kesimbangan sistem saraf pusat Anda.

Ion Positif di Tubuh Itu Jahat, Lawan dengan Terapi Ion.

Menjadi sehat memang bisa dilakukan dengan beragam cara. Namun kali ini ada bahasan mengenai terapi ion.

Ion seperti diketahui ada di sekitar kita. Ion yang baik adalah ion yang negatif bukan ion positif.

Ion negatif bisa didapatkan di udara yang segar seperti hutan, air terjun, tempat yang memiliki banyak pohon dan tempat lain yang belum banyak terkontaminasi polusi.

Sebaliknya, ion positif bisa didapatkan di kota-kota yang memiliki banyak polusi.

Menurut Asian Medical Journal, ion yang baik untuk kesehatan berkisar antara 1.000-2.000/cc (sekitar 1-2 liter air). Jika ingin meningkatkan sistem kekebalan tubuh, ion yang baik harus berkisar antara 5.000-50.000/cc.

Sementara untuk membantu penyembuhan diri dan mengatasi berbagai penyakit, kadar ion baik harus berkisar antara 100.000-500.000cc.

Ion negatif memiliki banyak manfaat, seperti misalnya menyeimbangkan saraf otonom, memurnikan darah, menguatkan sistem kekebalan, dan juga meningkatkan metabolisme sel.

Hebatnya, sebagian tubuh kita adalah kulit. jadi kita hanya mampu menyerap ion negatif di udara hanya 15 persen. Dan kulit mampu menyerapnya lebih efektif hingga 85 persen.

Menurut peneliti di Jepang, bayi yang lahir memiliki 20 persen ion positif dan 80 persen ion negatif. Namun semakin bertambahnya usia, dan waktu ion negatif dalam tubuh kita mulai menurun dan ion positif mulai meningkat.

Hal ini menyebabkan darah menjadi lebih asam dan penyerapan nutrisi menjadi kurang efisien, sehingga metabolisme dan fungsi tubuh melambat. Jika hal ini terjadi, tentu ada banyak banyak penyakit menyerang tubuh kita.

Manfaat Ion Negatif.

Air terjun merupakan salah satu sumber alami ion negatif. Ion negatif (atau lebih tepat, negative-charged ion) adalah molekul yang memiliki elektron tambahan. Ion negatif yang kita bahas di sini, adalah ion-ion yang dihasilkan oleh air terjun di gunung. seperti yang kita tahu, bahwa ion negatif dapat membuat efek sehat bagi tubuh manusia. untuk detail lebih lanjut tentang manfaat ion negatif untuk kesehatan.

Meningkatkan Produktivitas & Vitalitas dengan Ion Negatif.

Ion negatif dapat dihasilkan oleh alam, dan juga oleh perangkat elektronik khusus. perangkat elektronik untuk menghasilkan ion negatif biasanya disebut “air ionizers” atau “air purifiers”. air ionizers ada efek sampingnya: menghasilkan ozon (O3) dan ionizers dengan daya tinggi bahkan menghasilkan beberapa ion positif.

Ozon dengan konsentrasi tinggi di udara bisa berbahaya bagi paru-paru, dan ion positif dapat membuat efek buruk bagi kesehatan. air ionizers yang baik harus memiliki karbon (Charcoal) filter untuk mencegah konsentrasi ozon berlebih di udara. Anda dapat melihat artikel saya untuk detail lebih lanjut tentang “ion positif dan dampak buruk bagi kesehatan”:

Efek Buruk Ion Positif pada Kesehatan
Marriott Fallsview Niagara Falls Hotel & Spa menulis sebuah artikel menarik berjudul “Niagara Falls, Your Wellness Destination”.

Berikut kutipannya: “Niagara Falls is one of the best producers of negative ions in the world (with approximately 600,000 US Gallons of water going over the Canadian Horseshoe Falls per second)”.

Ini bisa menjadi alasan mengapa ribuan orang merayakan bulan madu mereka di Niagara Falls setiap tahun, sesuatu yang pasti berbeda jika berada di tempat lain. “

Udara di sekitar Niagara Falls atau sumber air turbulen, misalnya, mungkin berisi antara 30.000 sampai 100.000 ion negatif per sentimeter kubik. Di sisi lain, udara di dalam kantor atau mobil tertutup mungkin berisi antara nol sampai beberapa ratus ion negatif per sentimeter kubik.

Air mancur dinding dalam ruangan adalah salah satu cara untuk membantu meningkatkan kandungan ion negatif dalam ruang tertutup tersebut. Jadi jika anda ingin mengunjungi beberapa tempat untuk relaksasi atau untuk menikmati hidup dengan tubuh lebih sehat, air terjun Niagara atau wisata air terjun lainnya adalah tempat yang baik untuk Anda.

Di dalam udara sekitar kita banyak terdapat ion negatif dan positif.
namun ion negatif lah yang terbukti secara ilmiah dari berbagai penelitian, bermanfaat bagi manusia.

Beberapa manfaat Ion Negatif yaitu :

1. Meningkatkan Produktifitas.
pada artikel “Advanced Research on Atmospheric Ions” oleh Guy Cramer
ada hubungan antara konsentrasi ion di udara dan produktifitas manusia pada berbagai kegiatan.

2. Meningkatkan Vitalitas Tubuh
Ion Negatif di udara dapat masuk ke dalam tubuh manusia melalui pernapasan dan pori-pori kulit.

Ion ini masuk ke seluruh sel dalam tubuh dengan menumpang arus aliran darah. Ion Negatif dalam tubuh dapat menguraikan asam laktat menjadi zat yang tidak berbahaya (air dan ion laktat) yang mudah dibawa oleh aliran darah menuju tempat pembuangan (pada saat tubuh lelah dan tegang, asam laktat dalam tubuh akan terkurung dalam sel yang mengakibatkan timbulnya rasa pegal-pegal).

kasus seperti yang dialami oleh para peneliti pyramid yaitu ketika sampah makanan yang ditinggalkan pengunjung dalam ruang raja tempat mumi disimpan. Sampah itu tidak membusuk, hanya mengering. Bangkai binatang yang kebetulan ada di dalam pun kering bagai mumi.

Para peneliti yang bekerja dalam piramid juga merasakan tubuhnya lebih sehat dan kuat, pegal-linu pun lenyap. Ada apa di dalam piramid?
penelitian itu kemudian menyimpulkan bahwa kekuatan magnet pada batu granit di ruang raja mengakibatkan lepasnya elektron dari atom atau molekul di udara sekitar tembok.

Elektron bebas itu kemudian berikatan dengan atom lainnya untuk membentuk ion negatif. Ion negatif inilah yang mengikat bakteri dan membunuhnya. Bakteri pun tak berkutik untuk melakukan pembusukan, sehingga sampah dan bangkai hanya mengering.

3. Selain itu Ion Negatif mempunyai kemampuan meningkatkan kerja limpa dalam menghasilkan kekebalan tubuh.
Otomatis tubuh mampu menghadapi berbagai virus yang masuk. Influenza dan penyakit virus lainnya pun keder masuk ke tubuh.

4. Dapat membersihkan udara dan juga baik untuk kesehatan.
Ion Negatif juga bermanfaat dalam membunuh virus dan bakteri yang ada di udara sekitar kita.

Diantaranya ion negatif dapat membunuh bakteri E.Coli (K. H. Kingdon, 1960), Micrococcus Pyogenes dan virus Influenza (A. P. Krueger, 1976). Baik Kindon maupun Krueger mempergunakan konsentrasi ion negatif sebanyak 50.000-5.000.000 per cm³ dalam berbagai eksperimennya tersebut.

Mekanisme dari proses membunuh bakteri ini juga dijelaskan oleh N. I Goldstein (1992) sebagai berikut, reaksi dari dua buah ion negatif O2- dan dua buah ion positif H+dapat menghasilkan Hydrogen peroksida.

Hydrogen peroksida dikenal memiliki energi potensial yang tinggi dan mampu untuk membunuh virus dan bakteri. Lebih lanjut H. Nojima dari Sharp Corp. (2002) menjelaskan reaksi dari ion negatif dalam membunuh bakteri E.Coli.

Menurut Nojima pembentukan Hydrogen peroksida terjadi pada lapisan luar sel bakteri E.Coli, untuk kemudian merusak lapisan sel tersebut sekaligus membunuhnya.
Ruangan-ruangan atau kantor-kantor di gedung-gedung tinggi yang menggunakan Ion Negatif generator, maka udara yang ada di dalam ruangan bukan saja sejuk, akan tetapi juga mengandung lebih banyak jumlah Ion Negatif.

Sehingga partikel partikel polutan asal kendaraan bermotor dan industri , debu dan asap rokok yang bermuatan positif yang bertebaran, akan bereaksi saling tarik menarik dengan Ion Negatif dari udara yang dihembuskan dari Ion Negatif generator dan menggumpal jatuh ke lantai.

Demikian pula partikel-partikel kuman, jamur dan virus yang berterbangan di udara juga bermuatan ion positif akan mengalamai nasib yang sama, sehingga ruangan itu sekarang menjadi bersih dan bebas dari segala macam polusi. Dengan demikian ruang yang dilengkapi Ion Negatif generator menjadi relatif bebas hama.

5. Disisi lain Ion Negatif juga diketahui berguna untuk menetralkan Superoksida.

Superoksida dalam darah yang sebenarnya berfungsi untuk membunuh mikroorganisma dalam tubuh manusia, terkadang justru sebaliknya malah dapat merusak sel-sel dalam tubuh apabila kadar konsentrasinya terlalu tinggi (I. Fridovich, 1960).

Sedangkan dengan adanya Ion Negatif akan dapat menambah jumlah enzim SOD (superoksida dismutase) yang berfungsi untuk mengurangi kadar superoksida dalam darah.

Alat-alat elektronik biasanya banyak memproduksi ion positif, seperti contoh pada tabung monitor TV atau tabung monitor komputer. Air Conditioner (AC) konvensional yang tidak dilengkapi dengan plasma cluster atau air purifier juga banyak menghasilkan ion positif.

Ion positif mempunyai dampak yang kurang bagus terhadap kesehatan diantaranya :

– Dapat mendorong ketidakseimbangan kimiawi tubuh manusia, hingga dapat mengganggu kesehatan.

– Keracunan ion positif bahkan bisa memicu produksi hormon serotonin di otak, yang dapat menimbulkan kecemasan.

– Dapat menyebabkan blood dyscresia atau gangguan kelainan pembekuan darah.

Terlalu banyak ion positif di udara akan terserap oleh tubuh. Disisi lain, dinding sel darah bermuatan negatif.
Akibatnya muatan yang berlawanan ini, akan terjadi tarik menarik antara dinding sel darah dan ion positif. Inilah yang mendorong terjadinya penggumpalan darah sehingga terjadi emboli atau penyumbatan.

Jika emboli terjadi di otak bisa berdampak perdarahan dan atau stroke, bila di paru-paru akan berakibat gangguan pernapasan. Sementara bila emboli itu terjadi di jantung atau ginjal, yang terjadi adalah serangan jantung dan gagal ginjal.

Penyebab utama Sindrom Gedung Sakit tidak ada hubungannya dengan pencemaran dan infeksi kuman, virus, jamur dan parasit, melainkan karena perbandingan antara jumlah ion negatif dan ion positif dalam udara yang tidak seimbang.

Secara normal udara yang sehat dan segar kandungan ion negatif dan ion positif yang ideal minimal adalah dengan perbandingan 4 positif dan 5 negatif. Penyebab Sindrom Gedung Sakit adalah akibat perbandingan ion negatif dan ion positif yang terbalik, sehingga terjadi keracunan ion positif. Bangunan rumah dan gedung yang sehat dan ideal antara tanah terbuka (tidak disemen atau aspal) dan bangunan adalah 3:2
Pada zaman sekarang, perumahan-perumahan modern dan bangunan-bangunan perkantoran sangat jauh dari negatif ion.

Komputer, cahaya lampu, sistem ventilasi udara, dan bahan-bahan bangunan yang modern mengandung banyak sekali ion positif.

Produk buatan manusia yang bisa menghasilkan ion negatif yaitu :
AC yang dilengkapi plasma cluster atau air purifier, ion negative generator, air purifier, air ionizer, car ionizer, shower, air mancur, pancuran.

Penghasil alami ion negatif :
petir, hujan, air terjun, hulu sungai, batu granit.

Tidak ada salahnya kalau kita berefreshing dengan wisata ke puncak gunung atau air terjun, karena kita akan merasakan konsentrasi ion negatif dan manfaatnya yang besar disana.

Dibawah ini adalah list tingkat Konsentrasi Ion Negative pada Lingkungan berbeda :

Lingkungan Tingkat – Ion*

• Air Terjun = 95.000 – 450.000.

• Pegunungan & Hutan Sejuk = 50.000 – 100.000.

• Hamparan Rumput Hijau = 5.000 – 50.000.

• Perkotaan = 100 – 2.000.

• Ruangan Perkantoran = 40 – 100.

• Ruangan Ber AC (konvensional) = 0 – 20.

*Perkiraan Kandungan Negative Ion percentimeter kubik (cc³).

Bila anda ingin membuat sendiri “generator ion negatif” silakan cari infonya lewat google dengan kata kunci “ion negative circuit” atau ke :

http://www.dianka-network.com/2013/01/membuat-ioniser.html

Sumber :

https://komunitas.bukalapak.com/s/qe5dbl/apa_itu_ion_positif_ion_negatif

http://m.liputan6.com/health/read/674698/ion-positif-di-tubuh-itu-jahat-lawan-dengan-terapi-ion

http://www.dianka-network.com/2012/12/ionizer-ion-generator-pembangkit-ion.html?m=1

Comments

comments

Close