10 November, Hari Berdirinya Majapahit. …

10 November, Hari Berdirinya Majapahit.

Sebuah desa yang didirikan oleh penerus Singhasari itu kelak menjelma sebagai kerajaan sohor.

Arca Harihara dari Candi Sumberjati dekat Blitar yang tampaknya merujuk pada Simping, tempat Raden Wijaya didarmakan. Arca bersosok Siwa dan Wisnu ini melambangkan perwujudan Raden Wijaya. Kini arca megah ini berada di Museum Nasional. (Mahandis Y. Thamrin/National Geographic Indonesia)

Alkisah di akhir abad ke-13 tatkala Singhasari pada masa Kertanagara, terjadilah pemberontakan Jayakatwang, penguasa Kadiri yang menjadi kerajaan bawahan Singhasari. Akibat pemberontakan yang dipicu balas dendam itu Singhasari menemui kehancurannya. Namun, ada kebangkitan kembali berkat menantu Kertanagara sendiri, yaitu Raden Wijaya.

Nama “Majapahit” ditahbiskan ketika Raden Wijaya dan pengikutnya asal Madura tengah mendirikan sebuah permukiman di pinggiran Sungai Brantas, hutan orang-orang Trik. Tatkala para pengikut yang sedang membuka hutan itu kelaparan, mereka makan buah maja yang rasanya pahit. Lalu, lahirlah Majapahit menjadi nama desa.

Sumber naskah Jawa tertua yang menyebutkan daerah bernama Majapahit itu adalah kitab yang baru ditulis pada 1600, Serat Pararaton—sekitar 200 tahun lebih setelah KakawinNagarakertagama digubah. Naskah Pararaton tidak menyebutkan Majapahit sebagai ibu kota, melainkan suatu permukiman ketika Raden Wijaya mempersiapkan perjuangannya untuk merebut kembali kejayaan Singhasari.

Candi Brahu merupakan tinggalan Buddha dari zaman Majapahit. Bangunan batu bata merah ini berada di Desa Bejijong. Para ahli arkeologi menduga bahwa keberadaan candi ini merupakan warisan dari zaman Pu Sindok pada abad ke-10 (Mahandis Y. Thamrin/NGI)

Akhirnya, Raden Wijaya berhasil merebut kekuasaan dari pemberontak. Kemudian dia bertakhta di Ibu Kota Majapahit sebagai raja yang pertama bergelar Kertarajasa Jayawarddhana pada hari ke-15 bulan Kartika tahun 1215 Saka yang bertepatan dengan kalender masehi 10 November 1293. Inilah tanggal yang diperingati sebagai hari berdirinya kerajaan Majapahit, 720 tahun silam.

“Tahun itu mengawali lahirnya suatu kerajaan baru sebagai penerus kerajaan sebelumnya, Singhasari,” ujar Hasan Djafar yang seorang ahli arkeologi, epigrafi dan sejarah kuno Indonesia. Dia juga seorang pensiunan dosen Fakultas Ilmu Budaya Universitas Indonesia.

Kelak Raden Wijaya menurunkan raja-raja Majapahit, dan raja-raja penerusnya di Tanah Jawa yang bertakhta hingga hari ini.

“Kita tidak tahu sebenarnya di mana ibu kota itu,” kata Hasan Djafar. Menurutnya, sejauh ini tidak ada sumber tertulis yang menyebutkan secara tersurat lokasi persisnya Majapahit.

Namun, menurut Hasan, berita Cina yang ditulis Ma Huan menyebutkan sebuah ibu kota yang terletak sisi barat daya Canggu—pelabuhan kuno di tepian Sungai Mas. Ibu Kota itu dapat ditempuh sejauh berjalan kaki selama satu setengah hari. “Kalau kita perhitungkan lokasinya sekitar Trowulan sekarang,” ungkap Hasan.

Dari catatan Ma Huan sepertinya Majapahit telah pindah dari pinggiran Brantas ke daerah agak pedalaman, namun pelabuhan dan sungai masih merupakan jalur utama menuju kerajaan itu. Prasasti Canggu pada 1358 menyebutkan tentang tempat penyeberangan di sungai-sungai besar, seperti Sungai Brantas dan Bengawan Solo. Pertumbuhan tak hanya di daerah pedalaman, tetapi juga di daerah sepanjang pantai utara Jawa. Djafar berpendapat hal ini membuka peluang Majapahit menjadi kerajaan yang bukan hanya agraris, melainkan juga komersial sebagai kerajaan maritim.

Kolam Segaran. Dalam bahasa Jawa, segaran berarti laut buatan. Bangunan air tinggalan masa Majapahit ini berkaitan dengan sistem jaringan kanal, sebuah teknologi adaptasi warga Majapahit terhadap kondisi alam dan musim. (Mahandis Y Thamrin/NGI)

Pada masa Raja Hayam Wuruk ketika Majapahit mencapai masa keemasannya, “Prapanca menuliskan gambaran Nusantara dengan begitu detailnya dengan menyebutkan berbagai kepulauan,” tutur Hasan.

Hasan mengacu pada sumber sejarah KakawinNagarakertagama yang judul sesungguhnya adalah Desawarnana, artinya uraian tentang desa-desa. Nama Nagarakertagama diberikan oleh Jan Laurens Andries Brandes, ahli filologi yang menemukan naskah tersebut direruntuhan Keraton Cakranagara, Lombok. Karya pujasastra tersebut digubah oleh Rakawi Prapanca pada 1365, seorang pujangga Majapahit yang kelak menjadi “pelopor sejarawan modern dan jurnalis pionir di Indonesia.”

Meskipun Nagarakertagama menjadi kitab sohor yang melambungkan pemerian lengkap tentang Kerajaan Majapahit, kakawin itu tidak pernah menyebut secara eksplisit nama ”Majapahit”. Prapanca menyebut kerajaan sohor itu dengan nama Wilwatikta, Tiktawilwa, atau Tiktasriphala. Slamet Mulyana dalam Tafsir Sejarah Nagara Kretagama mengungkapkan hal tersebut wajar dalam pujasastra, ”Penggunaan kata Sansekerta kedengaran lebih gagah, namun nama sebenarnya adalah Majapahit.”

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2013/11/10-november-hari-berdirinya-majapahit

Leave a Reply

*

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close