Mengapa Natal Dirayakan pada tanggal 25 Desember. …

Mengapa Natal Dirayakan pada tanggal 25 Desember.

Menurut tradisi populer, Natal dirayakan pada tanggal 25 Desember untuk menghormati kelahiran Yesus. Namun, tidak ada catatan ada dalam Alkitab atau di tempat lain yang menunjukkan bahwa Yesus sebenarnya lahir pada tanggal ini, yang menimbulkan pertanyaan penting – mengapa Natal dirayakan pada tanggal 25 Desember ? Bahkan, pemilihan tanggal ini memiliki akar pada tradisi Persia maupun pagan.

The Catholic Encyclopedia mengakui “tidak ada bulan di tahun yang mana para ahli terhormat belum menetapkan kelahiran Kristus” (Catholic Encyclopaedia). Namun demikian, sejumlah alasan yang menunjukkan bahwa Yesus mungkin tidak lahir pada bulan Desember.

Pertama, Lukas 2 : 8 ” Menyatakan :
bahwa pada malam kelahiran Yesus, Ada juga dalam gembala pedesaan yang sama yang tinggal di luar rumah dan tetap berjaga-jaga ternak mereka di malam hari”

Banyak ulama sepakat bahwa ini akan menjadi mustahil terjadi pada bulan Desember, para gembala menjaga kawanan ternak mereka seharusnya di bawah penutup selama bulan-bulan musim dingin.

Yang kedua, tertulis di dalam Alkitab bahwa Yusuf dan Maria pergi ke Betlehem untuk mendaftar dalam sensus Romawi (Lukas 2: 1-4).

Namun, sensus tersebut tidak dilaksanakan di musim dingin, ketika suhu sering turun di bawah titik beku dan jalanan dalam kondisi yang buruk.

Perayaan Pagan.

Karena tampaknya tidak mungkin bahwa Yesus lahir pada tanggal 25 Desember, itu menimbulkan pertanyaan logis mengapa Natal dirayakan pada tanggal ini. Jawabannya menunjuk kembali ke perayaan Bangsa Romawi ” the winter solstice” (titik balik matahari musim dingin). Dua perayaan ini khususnya Saturnalia yang terjadi sekitar tanggal 25 Bulan Desember dan ulang tahun Dewa Matahari, Mithra (Catholic Encyclopedia).

Festival Saturnalia dimulai pada Tanggal 17 Desember dan kemudian diperluas dengan perayaan hingga 25 Desember. Ini penghormatan kepada Saturnus, Dewa pertanian penanaman dan Peternakan, dan dikaitkan dengan pembaharuan cahaya dan kedatangan tahun baru. Liburan dirayakan dengan pengorbanan di Kuil Saturnus, perjamuan umum, diikuti dengan pemberian hadiah, berpesta terus-menerus, dan dalam suasana karnaval.

Kelahiran Mithra.

Pengikut kultus Mithras, yang menjadi populer di kalangan militer di Kekaisaran Romawi dari abad ke-1 sampai abad ke-4 M, diyakini telah merayakan ulang tahunnya pada tanggal 25 Desember, yang merupakan hari paling suci bagi banyak orang Romawi .

Penyembahan Dewa Matahari, Mithra (proto-Indo-Iran ‘Mitra’), berawal pada Persia, dari sekitar abad ke-6 SM, dan kemudian diadaptasi ke dalam bahasa Yunani sebagai ‘Mithras’. Hipotesis yang paling populer adalah bahwa tentara Romawi yang menemui agama ini selama kunjungan militer ke Persia.

Sementara diterima secara luas bahwa Tahun Baru Mithraic dan ulang tahun Mithras adalah pada 25 Desember dan dirayakan pada hari ini sebagai bagian dari festival Romawi Natalis Invicti, yang lain berpendapat bahwa Natalis Invicti adalah festival umum matahari, dan bukan secara spesifik untuk Misteri Mithras. Namun demikian, jelas bahwa 25 Desember adalah hari penting bagi Roma dan berkisar pada perayaan matahari.

Perpaduan Pagan-Kristen.

Ketika Raja Constantine menjadi Kristen pada abad keempat, ia memiliki cukup tantangan dengan masyarakat di depannya berkaitan mengkonversi sebuah kerajaan yang penuh dengan orang-orang pagan. Oleh karena itu ia memutuskan untuk merayakan kelahiran Yesus pada tanggal yang sudah dianggap suci menurut tradisi pagan.

Jadi sebagai kompromi dengan paganisme dan dalam upaya untuk memberikan makna liburan Kristen pagan, ia memutuskan bahwa ulang tahun Dewa Matahari juga akan menjadi ulang tahun Yesus.

The Catholic Encyclopedia mengutip seorang Kristen masa awal dengan mengatakan, “O, betapa indah Takdir bahwa pada hari itu Matahari lahir …. Kristus lahir”.

Pilihan gambar : Saturnalia oleh Antoine Callet (Wikimedia Commons)

Oleh : April Holloway

Sumber :

http://www.ancient-origins.net/news-general/why-christmas-held-25th-december-001161

Comments

comments

Close