Sepuluh Avatar Wisnu. …

Sepuluh Avatar Wisnu.

Dewa Wisnu adalah salah satu dewa Hindu utama. Dikatakan ia muncul berkali-kali di bumi sebagai inkarnasi fisik (dikenal dalam agama Hindu sebagai Avatar). Wisnu dikatakan mewujudkan dirinya dibumi setiap kali kejahatan merajalela. Salah satu peran utamanya adalah untuk menegakkan dharma (hukum moral dan agama). Dikatakan telah nengubah dirinya menjadi 10 avatar. Diantaranya :

1. Matsya, ikan raksasa. Dalam beberapa kasus, Matsya digambarkan sebagai ikan hibrid manusia (mirip dengan ikan duyung jantan). Dia menyelamatkan Manu, manusia pertama, dari banjir besar (mirip dengan kisah Nuh). Kemungkinan kedua cerita ini dipengaruhi oleh sumber yang sama.

2. Kurma, kura-kura besar. Avatar ini dikaitkan dengan kisah sangat terkenal mengaduk laut. Ketika dewa dan asura yang mengaduk laut nektar amoralitas, gunung yang mereka pijak mulai tenggelam di dasar laut yang lembut, kemudian Wisnu menjadi kura-kura dan meletakkan gunung di punggungnya.

3. Varaha, babi raksasa. Dalam inkarnasi ini, kekasih Wisnu adalah Bumi sendiri, yang dikenal sebagai Bhudevi. Mereka hidup pada saat alam semesta itu penuh air purba dan bumi sangat kecil sehingga menjadi ditelan olehnya. Varaha terjun dan menyelamatkan dewi bumi, dan dua kekasih hidup menikah satu sama lain.

4. Narasimha, Manusia Singa . Avatar ini adalah pelindung besar, yang menjaga semua umat yang membutuhkan bantuannya. Pernah ada seorang iblis yang marah dengan anaknya memuja Wisnu, dan berencana untuk menghukumnya. Setan itu dibuat abadi oleh Brahma, yang mengatakan dia tidak bisa dibunuh oleh manusia atau binatang. Narasimha mengatasi kekuatan ini dengan menjelma menjadi bentuk keduanya, dan menaklukkan setan, sehingga melindungi anaknya dari bahaya.

5. Wamana, kurcaci kosmik. Dalam inkarnasi ini, Wisnu mengunjungi Bali, sang raja setan, yang telah menguasai seluruh alam semesta. Wamana memohon dia (Bali) tanah sebanyak yang dia bisa langkah yang tak lebih dari tiga langkah. Terhibur mendengarnya, setan mengabulkan permintaan tersebut, nanun tertipu ketika Wamana tumbuh menjadi raksasa, dan dengan satu langkah menutupi seluruh bumi, langkah kedua menutupi langit. Dan langkah terakhirnya, Wamana menginjak raja setan Bali, mengirim dia ke dunia bawah, di mana ia memerintah saat ini.

6. Parasurama, prajurit yang luar biasa. Parasurama adalah keturunan Brahma, dan seorang murid Siwa. Dia abadi, dan hidup selama beberapa inkarnasi lain Wisnu (termasuk Krishna dan Rama). Dia menerima kapak kuat setelah melakukan penebusan dosa yang mengerikan untuk menyenangkan dewa Siwa, yang pada gilirannya mengajarinya seni bela diri. Dia dilatih selama beberapa dekade sebelum ia menguasai rahasia Kalaripayattu (dikatakan seni bela diri pertama).

7. Rama, penguasa kebajikan. Inkarnasi 7 Wisnu yang dianggap sebagai manusia yang sempurna. Pengabdian dan penghormatannya kepada ayahnya sangat dipuji. Istrinya, Sinta, diculik oleh setan dan diselamatkan oleh Rama dan hamba monyetnya, Hanuman. Ia menjadi salah satu dewa Hindu yang paling banyak dihormati, perwujudan ksatria dan kebajikan.

8. Krishna, kekasih ilahi. Krishna adalah anak nakal yang tumbuh menjadi gembala yang indah, musiknya membuat hati wanita pingsan. Sebuah Nubuatan dikatakan ia lahir untuk menggulingkan raja yang jahat dan mengatasi tentara setan. Ketika dewasa, ia menjadi prajurit dan pahlawan besar, dan dalam beberapa tahun terakhir ia menjadi guru besar dan filsuf.

9. Buddha, orang bijak besar. Buddha awalnya seorang pangeran Hindu bernama Siddhartha, lahir dari keluarga kaya. Dia memiliki kehidupan yang mapan, tinggal di Nepal. Namun, ketika ia melihat penderitaan usia tua, sakit dan kematian, ia memutuskan untuk meninggalkan kehidupannya di istana dan hidup di antara orang-orang suci hari mencari kebenaran dan pencerahan. Setelah enam tahun bermeditasi, ia menjadi tercerahkan ketika duduk di bawah pohon Bodhi.

10. Kalki, pertanda kedatangan. Dikatakan bahwa Kalki akan muncul di akhir Kali Yuga (jaman terakhir, yang kita sedang alami) untuk menyambut akhir dunia. Nubuat menyebutkan dia akan datang ke Bumi menunggang kuda putih besar, menghunus pedang menyala untuk menghancurkan kegelapan jaman akhir.

Artwork

Vishnu oleh Cristian Chihaia
Matsya oleh Cory Trego-Erdner
Kurma oleh Tim Kongart
Varaha oleh Cristian Chihaia
Narasimha oleh Anirudh Sainath
Parasurama oleh Tim Kongart
Kalki oleh Syed Jeem

Sumber:

http://www.ancient-code.com/the-ten-avatars-of-vishnu/

Comments

comments

Close