Salah satu batuan candi yang ditemukan pekerja …

Salah satu batuan candi yang ditemukan pekerja proyek di Kecamatan Purwodadi.

Bangun Perapet, Pekerja Proyek Temukan Bangunan Diduga Candi.

Warga Desa Kebonsari digemparkan oleh penemuan batu- batuan andesit yang berpahat tangan manusia menyerupai bangunan candi. Batu- batu itu ditemukan oleh para pekerja proyek yang sedang mengerjakan pembuatan Parapet (bangunan pencegah banjir) di lahan milik warga bernama Musirah, di Dusun Krajan RT 2 RW 1 Desa Kebonsari, Kecamatan Purwodadi.

Batu- batuan berpahat itu diduga kuat merupakan batu- batuan untuk candi, dimana sesuai cerita warga setempat, di lokasi itu dulu pernah akan didirikan sebuah candi, namun tidak jadi.

Batu itu ditemukan pekerja pada Selasa (13/06/2017) siang sekitar pukul 14.00 WIB,” ungkap wakil pelaksana proyek, Bayu Pangarso saat ditemui di lokasi, Kamis (15/6/2017) siang.

Dikisahkan, batu itu ditemukan pekerja secara tak sengaja. Saat sedang dilakukan penggalian tanah dengan menggunakan alat berat, pekerja menemukan batu besar yang sudah berupa bentuk pahatan. Curiga dengan temuan itu, pekerja lantas melakukan penggalian tanah di sekitar temuan itu. Tak berapa lama penggalian dilakukan, ditemukan kembali lebih banyak lagi batu pahatan berbentuk kotak- kotak.

Penggalian kemudian kami hentikan dan kami melapor ke aparat desa setempat,” lanjutnya.

Menurutnya, pekerjaan proyek itu sengaja dihentikan sementara, dan dialihkan dengan menggarap di lokasi lain untuk memberikan kesempatan kepada pihak pemerintah desa, melaporkan temuan itu kepada tim purbakala, dan melakukan penelitian lebih lanjut.

Sesuai kabar dari warga setempat, lokasi ini dulu memang pernah akan didirikan candi, namun tidak jadi. Oleh karena itu, kami memberikan kesempatan kepada tim purbakala, siapa tahu batu- batu itu benar merupakan batu candi, biar nanti bisa digali lebih jauh lagi, sambil menyelesaikan garapan proyek di lokasi lain,” ujarnya

Ketika dikonfirmasi, Plt Sekdes Kebonsari, Adip Paryadi membenarkan adanya penemuan batu yang diduga candi. Laporan sendiri menurutnya telah diteruskan ke Kecamatan Purwodadi.

Pihaknya juga mengaku, dalam waktu dekat ini akan membawa batu- batu yang sudah terangkat untuk dipindahkan ke halaman kantor desa. Agar nantinya tim purbakala bisa lebih mudah untuk melakukan penelitian, juga memberikan keamanan terhadap barang- barang tersebut.

Kebetulan batu- batu itu juga sudah sering ditemukan warga saat menggali makam, di dekat lokasi temuan, dan warga memang sudah lama menduga bahwa dilokasi banyak batu- batuan untuk candi, namun untuk kebenaran, nantinya masih akan menunggu hasil dari tim purbakala,” jelasnya.

Sumber :

http://purworejo.sorot.co/berita-5862-link-.html

Comments

comments

Close