Sisa-sisa Kuno Raksasa Berusia 5.000 Tahun …

Sisa-sisa Kuno Raksasa Berusia 5.000 Tahun Ditemukan di Cina.

Rahasia mereka terkubur didalam bersamanya.

Arkeolog China telah membuat penemuan yang menakjubkan, menemukan kuburan berisi sisa-sisa sosok “raksasa” kuno dikubur sekitar 5.000 tahun yang lalu.

Tulang-tulang tersebut, ditemukan saat penggalian di Provinsi Shandong di Cina tenggara, terungkap setidaknya satu individu pria yang memiliki tinggi badan mencapai 1,9 meter (6 kaki, 3 inci), dan yang lainnya berukuran 1,8 meter (5 kaki, 11 inci ) Tinggi demikian membuat mereka seperti raksasa pada zamannya yang akan nampak menjulang keatas Orang sezaman neolitik mereka.

“Ini hanya berdasarkan struktur tulang,” ujar kepala sejarah dan budaya Universitas Shandong, Fang Hui, menjelaskan kepada kantor berita China, Xinhua.

“Jika dia dulu hidup, tingginya pasti akan melebihi 1,9 meter.”

Sebagai bahan konteks, pada tahun 2015, tinggi rata-rata pria berusia 18 tahun di wilayah ini adalah 1.753 meter (5 kaki, 9 inci), menurut Xinhua. Rata-rata tinggi badan nasional pada 2015 adalah 1,72 meter (5 kaki, 8 inci).

Jadi nampaknya orang-orang modern di wilayah yang sama secara signifikan lebih pendek daripada kebanyakan leluhur kuno ini, meskipun pria di China saat ini akan menikmati akses yang jauh lebih baik ke berbagai makanan sehat, dan hidup di era ketika kita tahu, jauh lebih banyak tentang Nutrisi.

Sementara kita tidak tahu pasti seberapa tinggi tinggi rata-rata manusia di Shandong 5.000 tahun yang lalu, pria Eropa pada periode ini diperkirakan hanya memiliki 1,65 meter (5 kaki, 5 inci), jadi jelas ini “raksasa”. Jelas sangat tinggi pada jamannya.

Tim Fang telah melakukan penggalian di desa Jiaojia di Distrik Zhangqiu, Kota Jinan, sejak tahun lalu, dan sejauh ini telah menggali reruntuhan 205 kuburan dan 20 lubang pengorbanan, di samping 104 rumah.

Seperti yang memberikan perawakan kuno ini kesan mengesankan, para periset berpendapat orang-orang yang disebut budaya Longshan – dinamai menurut nama Gunung Longshan di Zhangqiu – mengasupi makanan yang baik berkat watak hidup sehat mereka.

“Sudah mengenali pertanian pada waktu itu, orang-orang ini memiliki sumber makanan yang beragam dan kaya dengan demikian fisik mereka berubah,” kata Fang kepada Xinhua.

Petunjuk lain proporsi raksasanya terletak di lingkungan kuno mereka. Orang-orang tertinggi ditemukan di makam yang lebih besar, menunjukkan bahwa mereka mungkin merupakan individu penting yang memiliki status tinggi, memberi mereka akses yang lebih baik terhadap makanan enak dan keberadaan yang nyaman.

Tata letak reruntuhan rumah yang ditemukan di penggalian juga menunjukkan hal-hal seperti kamar tidur dan dapur yang terpisah – kenyamanan yang jelas nyaman untuk sebuah desa yang berusia sekitar lima milenium, dan memberikan bobot pada hipotesis bahwa mereka yang tinggal di Jiaojia tidak memiliki terlalu banyak keluhan.

Selain jenazah manusia dan pondasi bangunan, para arkeolog menemukan tulang babi dan gigi – menunjukkan bahwa penduduk desa memelihara hewan – bersama dengan berbagai benda tembikar dan giok berwarna-warni.

Beberapa kerangka dan artefak budaya memiliki tanda kerusakan fisik, yang mungkin sengaja ditimbulkan setelah penguburan, yang menurut tim bisa saja dimotivasi secara politis dalam semacam pertarungan kekuasaan setempat.

Perlu diingat bahwa temuan awal saat ini ini hanya awalan dan belum dikaji ulang oleh ilmuwan lain, namun mungkin yang paling menarik dari temuan ini adalah seberapa banyak yang diketahui tersisa mengenai orang-orang kuno ini dan jalan hidup mereka.

Sejauh ini, situs hanya seluas 2.000 meter persegi Jiaojia telah digali – hanya sedikit dari keseluruhan kilometer persegi yang digali dan diselidiki.

Tidak ada yang tahu pasti rahasia arthefak Jiaojia apa yang akan terus muncul, tapi ada kemungkinan kita akan tahu penjelasan lebih banyak bagaimana raksasa purba ini tumbuh dengan sangat mengesankan – dan lebih dari itu.

Oleh : Peter Dockrill.

Video :

https://youtu.be/qEyLAmeSN8Y

Sumber :

http://www.sciencealert.com/archaeologists-discover-the-ancient-remains-of-5-000-year-old-giants-in-china

Comments

comments

Close