Apakah robot mempunyai kesadaran diri?

Apakah robot mempunyai kesadaran diri?

Kita tahu, perkembangan teknologi yang sangat cepat dewasa ini, hampir semua robot juga mempunyai kecerdasan buatan, tapi ada satu pertanyaan “iseng” lainnya, adalah apakah robot akan mempunyai kesadaran diri layaknya seorang manusia?

Kesadaran diri adalah kemampuan seorang untuk menyadari akan keberadaan dirinya. Menyadari bahwa dirinya adalah berbeda dengan lainnya. Menyadari bahwa dirinya adalah bentuk / entitas yang berbeda dengan makhluk sejenis lainnya.

Apakah sebuah/ seorang(?) robot bisa membedakan dirinnya dengan yang lainnya? Bagaimana cara mengujinya? Bagaimana kita akan mengetahui apakah robot mempunyai kesadaran diri?

Profesor Selmber Bringshord dari Poloteknik Renseelaer New York, berinisitatif untuk menguji robot dengan memberikan test kesadaran diri. Begini cara tim Prof Selmber mengujinya.

Tiga Robot diprogram untuk mempercayai bahwa dua dari mereka telah diberikan “dumbing pill” yang mana akan membuat mereka “bisu”, membuat mereka tidak akan me-respond pertanyaan yang akan diajukan.

Kemudian “Dumbing pill” di berikan kepada dua dari tiga robot.

Ketiga robot ini kemudian di minta respond dengan diberikan pertanyaan oleh penguji “Mana di antara kalian yang menerima dumb pill?”

Penguji menge-tap semua robot, meminta jawaban dari robot.

Ada satu robot yang me-respond dengan memberikan jawaban “Saya tidak tahu”.

Beberapa detik kemudian, sang robot ini menambahkan dan memberikan statement, “maaf. sekarang saya tahu. saya bisa kasih bukti bukan saya yang di kasih pil”

Bukti bahwa robot mempunyai “kesadaran-diri”, adalah robot mesti mengerti aturan yang telah di program, mengenali suara masing-masing dan menyadari bahwa dirinya adalah entitas yang terpisah dengan robot lainnya.

Kelakuan satu robot ini di verifikasi secara matematis mempunyai kesadaran diri.

Robot ini tidak merasakan telah diberikan “dumbing pill” dan malah memberikan jawaban, “saya tidak tahu” dan menambahkan statement bahwa dia yakin dirinya tidak diberikan “dumbing pill” karena dia mengenali suaranya sendiri dan berkeyakinan karena dia *BISA* merespond jawaban atas pertanyaan yang diajukan oleh Tim peguji, artinya dia tidak diberikan “dumbing pill”

Apakah kelak suatu saat nanti, robot-robot akan mempunyai kesadaran diri seperti dalam film i-robot, mesin-mesin akan mempunyai kesadaran diri seperti dalam film Matrix dan malah melawan penciptanya yaitu manusia ?

Comments

comments

Leave a Reply

*

Close