SUGIH TANPA BONDHO …

SUGIH TANPA BONDHO

Ilmu kantong bolong adalah ilmu yang berlandaskan pada dua alasan, yaitu :
Mengosongkan diri pribadi dan pamrih, dan
Menolong sesama manusia.

Inti ilmu kantong bolong adalah cinta kisah kepada Allah Tuhan Yang Maha Agung, yang cinta kasih itu tiada sempurna apabila tidak disalurkan kepada sesama manusia. Dan ilmu kantong bolong bukan ilmu ciptaan daya pikir manusia, malainkan salah satu ilmu-ilmu yang muncul dari pergolakan inti hati nurani manusia, yakni bersifat intutif bukan logistik.

Oleh karena itu, dalam tataran praktis, ilmu kantong bolong akan membawa pemiliknya ke arah menyongsongkan diri dari hal-hal duniawi, mengosongkan diri dari pentingan pribadi. Apa pun yang memasuki “kantong bolong” tentu akan keluar, karena ia tidak berisikan pamrih dan hanya bertugas menyalurkan rahmat Ilahi kepada sesama manusia yang menjadi tugas dan fungsinya.

Makna ilmu kantong bolong ini sangat dalam dan luas, karena ia merupakan pengetahuan tentang hakikat manusia diciptakan oleh Allah Tuhan Yang maha Agung. Untuk apa manusia diciptakan di dunia
Dengan ilmu kantong bolong kita dapat menilai bahwa tujuan manusia diciptakan adalah supaya manusia mau mengabdikan dirinya kepada Sang Maha Agung, yang upaya pengabdian diri itu dilandaskan pada sikap saling mencintai, mangasihi, dan tolong-menolong. Pengabdian diri kepada Allah Tuhan Yang Maha Agung merupakan wujud dari ibadah, dan ibadah adalah menolong sesama dengan ikhlas tanpa pamrih agar tercipta keselamatan, kedamaian n kesejahteraan umat manusia seutuhnya.

Leave a Reply

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.

Close