Tablet Tartaria yang Kontroversial

Tablet Tartaria yang Kontroversial : Sistem Penulisan Pertama di Dunia?

Tablet tersebut tertulis dan diperiksa oleh sejumlah ilmuwan dari seluruh dunia dan penanggalan isotop karbon 14 mengungkapkan ini diciptakan setidaknya 6.500 tahun yang lalu.

Tablet ini ditutupi dengan tulisan piktografik yang luar biasa karena ini menimbulkan kemungkinan bahwa tulisan di lembah sungai Danube mendahului tulisan paku Sumeria dan hieroglif Mesir.

Hal ini menunjukkan bahwa tablet Tartaria merupakan tulisan pertama di dunia, yang kita tahu. Tak perlu dikatakan bahwa penemuan ini menyebabkan minat yang besar dan kontroversi dalam komunitas ilmiah.

Tablet yang berusia 1.000 tahun lebih tua dari tulisan Mesopotamia berisi simbol-simbol yang tetap tak terpecahkan hingga hari ini.

Nicolae Vlassa, seorang arkeolog pada National Museum of Transylvania History, Cluj-Napoca yang merupakan penemu asli dari tablet yang menggali 26 tanah liat,patung batu dan gelang kerang, disertai dengan potongan tulang patah yang dibakar dari sosok laki-laki dewasa.

Dua tablet berbentuk persegi panjang dan yang lain berbentuk bulat. Tablet Tartaria berbentuk kecil dan dua diantaranya telah dibor lubang kecil.

Apakah ini digunakan sebagai jimat?

Yang umum pada semua tablet adalah bahwa mereka tertulis hanya pada satu sisi saja. Tablet persegi panjang menggambarkan binatang bertanduk, sosok yang tidak jelas, dan motif tumbuhan, cabang atau pohon. Yang lain memiliki berbagai simbol abstrak. Tujuan dari pemakaman ini tidak jelas, bahwa tubuh itu diduga seorang dukun atau pemanggil roh, dari orang setempat yang paling dihormati dan bijaksana.

Satu hal yang pasti, tulisan yang ditemukan pada Tablet Tartaria adalah tulisan pertama di dunia, yang kita tahu. Sayangnya, simbol ini tetap tak terbaca hingga hari ini.

Menariknya, belanga tanah liat berusia 5.500 tahun dengan simbol-simbol yang sama ditemukan di Bulgaria.

Tentu, ada banyak masukan tentang arti dari simbol-simbol ini. Para ahli telah mengemukakan sejumlah teori, tetapi kenyataannya adalah bahwa tiada orang yang bisa menjelaskan simbol misterius pada tablet Tartaria.

Beberapa ahli telah menjelaskan bahwa simbol ini mungkin telah digunakan sebagai tanda kepemilikan atau sebagai fokus ritual keagamaan. Yang lain percaya bahwa tablet ini diciptakan sebagai tiruan dari budaya kuno yang lebih maju atau bahkan rumus perkalian.

Ada juga beberapa ilmuwan yang berpendapat tablet Tartaria sebenarnya sistem penulisan tertua di dunia yang kita temui.

Arti dari simbol ini tidak diketahui, dan polanya telah menjadi subyek dari banyak perdebatan, namun keberadaan mereka jelas menunjukkan bahwa peradaban Danube menciptakan sistem penulisan yang jauh sebelum Sumeria.

Ini adalah klaim kontroversial, tetapi bukti menunjukkan bahwa ini adalah peristiwa yang sangat dimungkinkan.

Untuk saat ini, hakikat dan makna dari tablet Tartaria tetap merupakan misteri yang tidak dapat dijelaskan.

Video :

https://youtu.be/D_UD-Dm1ge8

Sumber :

http://www.messagetoeagle.com/controversial-tartaria-tablets-the-first-writing-system-in-the-world/

Comments

comments

Close