Benarkah Piramid Kazakhstan Tertua di Dunia? …

Benarkah Piramid Kazakhstan Tertua di Dunia?

Desas-desus sebelumnya menyebutkan bahwa piramid yang baru ditemukan di Kazakhstan merupakan piramid tertua di dunia, benarkah demikian?

Penemuan makam berbentuk piramid di di wilayah Sary-Arka, dekat Kota Karaganda. Kazakhtan, sempat viral di berbagai media daring beberapa waktu lalu. Desas-desus menyebutkan bahwa piramid ini merupakan piramid tertua di dunia, namun arkeolog membantah hal tersebut.

“Usia tepatnya memang belum dapat dipastikan, tetapi kemungkinan besar piramid ini dibangun di akhir Zaman Perunggu, lebih dari 3.000 tahun lalu, 1.000 tahun setelah bangsa Mesir kuno membangun piramid pertama mereka, Piramid Djoser sekitar 4.700 tahun silam,” ungkap Viktor Novozhenov, arkeolog Universitas Karaganda yang terlibat dalam ekskavasi makam, seperti dikutip dari Live Science.

Piramid yang baru ditemukan ini tergolong kecil, dengan tinggi 2 meter dan panjang 14 meter. “Piramid ini terbuat dari batu, tanah dan lempengan di bagian luar,” kata Novozhenov. Jika ditilik dari bentuk konstruksinya, arkeolog memperkirakan bahwa piramid tersebut dibangun untuk Raja kuno atau pemimpin klan.

Selain itu, strukturnya juga unik. Berbeda dengan kebanyakan piramid Mesir yang puncaknya lancip, puncak piramid ini justru datar, mirip piramid Djoser.

Sejauh ini, hasil penggalian yang dilakukan oleh tim menunjukkan bahwa piramid ini dibuat dengan tujuan serupa dengan piramid Mesir, dengan struktur makam di dalamnya.

Novozhenov mengunggah foto reruntuhan piramid tersebut dalam akun Facebook miliknya.

Sayangnya, ruang pemakaman di piramid tersebut telah dijarah, meskipun masih ada sisa-sisa tembikar, pisau dan benda-benda dari perunggu. Belum dapat dipastikan ada atau tidaknya sisa-sisa manusia yang dimakamkan di sana.

Hingga saat ini, proses ekskavasi masih berlangsung. Para arkeolog berharap penemuan ini dapat memberikan informasi baru tentang peradaban Begazy-Dandybai yang hidup di Kazahkhstan tengah.

(Lutfi Fauziah. Sumber: www.livescience.com dan www.sciencealert.com)

Sumber :

http://nationalgeographic.co.id/berita/2016/08/benarkah-piramida-kazakhstan-tertua-di-dunia

Comments

comments

Close