REVIEW BUKU MISTERI DNA KARYA KAZUO MURAKAMI …

REVIEW BUKU MISTERI DNA KARYA KAZUO MURAKAMI

“ Gen dalam tubuh manusia dapat dinyalakan atau dipadamkan seperti sakelar ON-OFF pada tombol lampu. Manusia ternyata dapat menyalakan gen yang baik, dan memadamkan gen yang buruk sesuai kebutuhnanya“
Lantas bagaimanakah caranya?

Jika mendengar istilah “Gen” atau “DNA” yang terlintas dalam pikiran kita adalah mengenai “faktor keturunan”. Faktor keturunan adalah “sifat-sifat yang diturunkan dari orang tua kepada anak”. Mulai dari karakter fisik seperti bermata besar, bertumbuh tinggi, sampai karakter kepribadian seperti pemberani atau penyendiri. Meskipun tidak sama persis akan tetapi karakter gen yang dimiliki kedua orang tua diturunkan pada anak. Gen dipahami sebagai medium yang mengantarkan faktor keturunan tersebut.

Cara memahami gen seperti itu tidak keliru, tetapi hanya menjabarkan sebagian dari fungsi gen. Gen berkaitan dengan segala aktivitas kehidupan seperti bernapas, makan, hingga buang air, dan menjalani hidup sambil berpikir atau bergembira. Kinerja gen juga vital saat manusia memutuskan sesuatu dalam hatinya.

Gen adalah bagian yang disebut inti sel terdapat dalam materi bernama DNA ( deoxyrribonucleic acid ), dan materi inilah yang kita sebut gen. DNA terdiri atas dua buah pita yang berbentuk spiral, dan di atas pita ini tertulis informasi yang dilambangkan dengan empat abjad simbol kimia. Informasi ini adalah informasi genetik dan informasi dasar gen dalam satu sel manusia terdiri atas tiga miliar abjad simbol kimia. Untuk lebih jelasnya bagaimana gambar gen dan DNA terdapat pada gambar berikut :

Jika kita sudah memahami apa itu perbedaan pengertian dari gen dan DNA maka akan lebih mudah untuk memahami resensi buku dalam artikel ini , buku ini ( Misteri Gen) ditulis oleh profesor KAZUO MURAKAMI . Beliau adalah penulis sekaligus penemu yang berhasil memecahkan masalah mengenai zat renin dalam tubuh manusia. Untuk bisa menemukan zat renin dan sukses sampai sekarang tidaklah semudah yang dibayangkan beliau harus menempuh beberapa pengalaman dan perjalanan hidup yang membuat beliau berhasil sampai sekarang .

Beliau lahir tahun 1936 . tahun 1963 berhasil menyelesaikan program doktor di jurusan kimia pertanian, dan sekolah pascasarjana pertanian, universitas Kyoto. Pada tahun yang sama menjadi staf peneliti di oregon health and science university, Amerika Serikat. Tahun 1968 menjadi asisten profesor fakultas pertanian universitas di Kyoto. Tahun 1976 menjadi profesor madya fakultas kedokteran, universitas Vanderbilt. Selanjutnya di Tahun 1978 menjadi profesor institut biokimia terapan, universitas Tsukuba dan mulai menekuni penelitian gen. Tahun 1983 berhasil menguraikan kode genetik renin manusia yang mendalangi tekanan darah tinggi dan menyedot perhatian sebagai prestasi tingkat dunia

Pada awalnya Kazuo Murakami hanya-lah mahasiswa biasa yang duduk di fakultas pertanian pada tahun 1963. Tidak ada yang istimewa dari beliau, akan tetapi hanya satu yang dia hobi-kan yaitu meneliti. Impiannya adalah menjadi yaitu menjadi seorang peneliti. Jatuh bangun-pun dia alami salah satu masalah yang paling hebat adalah pada saat ia harus bersaing dengan ilmuwan dari Jerman yang telah memulai penelitian mengenai zat renin. Ilmuwan dari Jerman tersebut sudah memulai penelitiannya lebih cepat dan hampir mencapai sempurna. Sementara beliau baru mau memulai jika diibaratkan seperti kelinci dan kura-kura dia adalah kura2nya dan beliau-pun pesimis dalam melakukan pekerjaannya tersebut. Banyak sekali para peneliti yang menyerah dalam meneliti zat renin bahkan ada semboyan yang mengatakan bahwa jangan sekali-sekali meneliti renin. Karena di dalam tubuh renin itu sangat sedikit bahkan untuk bisa diambil saja susah sekali. Tetapi tidak dengan seorang Kazuo ia-pun mulai secara perlahan melakukan penelitian tersebut.

Penelitian ini dilakukan Kazuo dengan cara mengambil kelenjar kecil di dalam otak sapi. Untuk membuktikan bahwa terdapat zat renin selain di dalam lambung. Sapi yang dipakai untuk penelitian bukan hanya satu tetapi 35.000 ekor sapi. Mencengangkan bukan ? beginilah kenyataannya. kazuo harus mengambil renin di dalam 35.000 kelenjar otak sapi. Walaupun ia adalah seorang Dosen di fakultasnya akan tetapi untuk mendapatkan 35.000 ekor sapi tidaklah mudah. ia harus jauh-jauh datang ke tempat pusat daging di Tokyo dari Tsukuba. Belum lagi ia harus mendapatkan penolakan dari petugas di sana dan ia sampai melakukan Pemohon berkali-kali sambil menundukkan kepalanya kepada petugas di sana yang akhirnya petugas di sana luluh juga. Beliau berpikir bahwa ini adalah saatnya untuk menjatuhkan ego dan wibawa sendiri saat ingin melakukan penelitian.

Sudah mendapatkan supply pengiriman otak sapi , penelitian-pun dimula. Tidak mudah mengambil kelenjar bawah otak sapi ini karena sangat bisa terjadinya kesalahan yang terjadi dalam penelitian ini. Apa lagi mereka harus bertarung dengan peneliti di Jerman. Akhirnya salah satu inisiatif-pun keluar dari beliau untuk mempercepat pekerjaan dengan menyarankan bangun 2 jam lebih awal dari biasanya. Yaitu sekitar jam 4 pagi , beliau mendapatkan inisiatif ini dari kedua orang tuanya yang selalu memberikan motivasi kepada dirinya. Yaitu bangunlah pagi mengapa? Karena dengan bangun pagi kita bisa lebih memiliki waktu yang relatif lebih lama dibandingkan dengan bangun siang. Dari insiatifnya tersebut akhirnya tercapailah mendapatkan satu buah zat renin yaitu sekitar 0.5 mg renin dalam waktu 1,5 tahun .

Penemuan ini diumumkan pada pertemuan ilmiah masyarakat hipertensi internasional di Jerman barat . Mereka mengumumkan hasil tersebut , dan degan demikian menyudahi perdebatan adakah zat renin di dalam otak. Artikel2 ilmiah keluar di jepang mereka sukses menjadi orang jepang yang berhasil memecahkan masalah mengenai renin ini. Sebelum meraih kesuksesan ini, ada banyak kendala yang terjadi pada penelitian beliau yaitu masalah dana, di Jepang seorang peneliti hanya dibiayai sebesar 3 juta yen per-tahun ironis? Memang. Bukan hanya itu saja bahkan mereka harus mengeluarkan uang dari dompet mereka sendiri dan juga mereka harus meminta pertolongan ke sana kemari walaupun sulit akan tetapi berjalan mulus ada satu perusahaan yang menolong tim bapak Kazuo, ia memberikan uang kepada beliau dan bersedia membiayai penelitian mereka.

Tapi beliau bersih kukuh selain nasib yang mengantarkannya kepada pertemuan dengan seseorang tersebut akan tetapi aura yang ada di dalam dirinya yaitu gen. Gennya yang mengantarkannya kepada pertemuan tersebut dan mentransfer apa yang ia inginkan kepada orang tersebut. Sehingga orang tersebut mengetahui apa keinginannya, ajaib bukan? Memang sangat ajaib. Ada lagi cerita mengenai bagaimana beliau yang dulunya semasa sekolah menengah atas tidak bisa mengikuti darmawisata. Dikarenakan orang tuanya tidak memiliki uang. Kedua orang tuanya hanya berkata “ kami memang tidak bisa membiayai kamu untuk pergi tetapi kita akan menabung di atas langit “ beliau masih berpikir apa itu tabungan di atas langit. Perkataan kedua orang tuanya masih terpikirkan hingga dia dewasa sampai sekarang dan ternyata saat dia sudah sukses seperti sekarang mulai terjawab satu persatu apa itu makna dari tabungan di atas langit. Yaitu kesusahan yang kita alami sekarang adalah salah tabungan kita untuk masa depan yang lebih cerah.

Di atas adalah jalan hidup singkat beliau yang mungkin sedikit memilukan, sekarang kita kembali lagi ke masalah DNA. Di dalam kode genetik manusia lebih tepatnya terdapat pada DNA tertulis pita informasi yang sangat halus dan lebar sekitar 1/500.000 milimeter. Sebanding dengan kawat 1 milimeter yang ditipiskan menjadi 1/100 kali dan jika ditiup kawat itu langsung putus. Akan tetapi kawat yang dipotong tersebut masih 5.000 kali lebih tebal daripada pita informasi yang merekam kode genetik manusia. Begitulah bentuk gen. Di dalam gen satu sel manusia terdiri dari 3 miliar abjad simbol kimia .

Sangat sulit membayangkan jumlahnya jika dibukukan mungkin diperlukan 1.000 jilid buku setebal 1.000 halaman untuk mencatatnya. Artinya aktivitas di dalam tubuh manusia tersusun dalam sel. Dalam setiap inti sel tersimpan 3 miliar informasi dan yang mengejutkan lagi adalah bahwa bagian sel mana-pun pasti menyimpan 3 miliar informasi tersebut. Sekarang pertanyaan adalah mengapa sel hati hanya menjalankan fungsi menjadi sel hati begitu juga dengan sel-sel yang lainnya.

Apakah mungkin jika sel hati bosan bekerja di dalam organ dalam dan ingin bertukaran dengan sel kuku yang menjadi bagian dari sel organ luar. Begitu juga dengan sel kuku, karena dia bosan bekerja di organ luar ia ingin bekerja di organ dalam. Jika kita gunakan penalaran kita itu mungkin bisa terjadi. Tapi kenyataannya hal itu tidak bisa terjadi mana mungkin di dalam hati tumbuh kuku dan di kuku tumbuh jantung, begitu perumpamaan-nya. Dari seluruh informasi genetik ini, contohnya yang ada pada kuku dan hati , fungsi gen selain menjadi kuku dan juga fungsi hati menjadi hati di kunci sehingga tidak bekerja pada sel lain. Begitu juga dengan cara kerja sel lainnya.

Ini disebut sebagai fungsi on/off pada DNA. DNA dalam sebuah sel memiliki bagian yang terjaga dan bagian yang tertidur sehingga bagian tertidur tersebut tidak berfungsi. Lalu apakah bagian yang tertidur itu tidur selamanya? Tentu tidak. Apakah bagian dari DNA yang terjaga dan berfungsi dan bekerja terus sampai mati? Jawabannya juga tidak. Fungsi DNA ini diibaratkan seperti tombol lampu, hal ini baru diketahui belakangan ini. Misalnya, pemuda yang rambutnya sudah beruban, itu disebabkan fungsi DNA untuk menghitamkan rambut tidak bekerja dengan baik atau padam karena sesuatu hal. Sedangkan lansia yang kulitnya kencang, berarti DNA pada sel kulit yang seharusnya tertidur masih bekerja dengan giat menyala.

Diperkirakan dari seluruh informasi genetik, hanya 5-10% yang betul-betul bekerja. Jika benar, mudah saja membayangkan bahwa kemampuan tersembunyi yang dimiliki seorang manusia tidak terhingga besarnya. Artinya kita akan mengupayakan agar DNA yang menguntungkan bagi kita terus terjaga dan bekerja. Sebaliknya DNA yang merugikan kita di buat tetap tertidur. Misalnya DNA penyebab kanker, semua orang memiliki informasi genetik ini. Kita tentu ingin DNA ini terus tertidur. Andaikan sampai terjaga, Kita ingin DNA ini tertidur sekali lagi. Agar kita bisa menjalani kehidupan yang lebih baik, kita perlu mengendalikan DNA yang baik menjadi aktif, sedangkan DNA yang buruk menjadi tertidur. Apakah itu bisa terjadi? Tentu yaitu dengan beberapa salah satunya dengan cara mengubah lingkungan. DNA baik yang tadinya tertidur menjadi terjaga.

Saat Kazuo pergi melanjutkan studi ke Amerika lingkungan di sana sangat cocok dengannya dan menjadikan dia bisa bertugas dengan penuh semangat. Semuanya itu menunjukkan bahwa perubahan lingkungan berhubungan dengan ON dan OFF-nya DNA. Pertemuan dan pergaulan degan orang lain, sentuhan dengan benda , pengalaman atas suatu kejadian. Semua ini dianggap sebagai lingkungan luar dalam arti luas. Lantas bagaimanakah cara menyalakan DNA yang baik tersebut? .

Perubahan lingkungan mengantarkan kinerja DNA ke arah yang menguntungkan. Beliau rasa hal ini sedikit banyak sudah bisa dipahami. Ada satu faktor penting selain lingkungan yaitu mengenai kasus orang yang divonis kanker stadium akhir ternyata kekebalan tubuhnya meningkat setelah ia berusaha menaklukkan puncak Mont blanc. Ada lagi contoh pasien kanker yang diperdengarkan lawakan agar banyak tertawa , ternyata ketika diukur kekebalan tubuhnya naik. Dengan begitu bisa dikatakan, tidak salah lagi jika pasien berada dalam keadaan jiwa yang baik, penyakitnya cenderung mengarah kepada kesembuhan.

Stres yang biasanya dinilai buruk, tidak selalu berdampak negatif. Kesedihan mendalam yang dialami seseorang bisa membuat DNA baik yang tertidur menjadi terjaga. Setelah mencapai tingkat tertentu, ada kalanya melakukan olahraga berat atau menempa fisik di bawah air terjun saat musim dingin yang membuat DNA bekerja ke arah yang lebih baik. Contohnya juga saat wanita jatuh cinta, kulitnya menjadi bagus penyebabnya adalah perasaan gembira dan bergairah membuat tubuh mengeluarkan hormon yang mempercantik kulit. Sedangkan mengenai masalah kemampuan belajar dan bekerja bisa dijelaskan sebagai berikut. Di dunia ada orang berbakat dan orang biasa , tetapi dalam bidang kemampuan apa-pun , sebenarnya tidak ada perbedaan besar pada DNA yang dimiliki individu. Namun kenyataannya muncul perbedaan tingkat kemampuan perbedaan. Kemampuan ini bertalian dengan ON/OFF-nya DNA.

Dari contoh di atas kita bisa menarik kesimpulan bagaimana cara untuk mengaktifkan DNA yang baik, Dengan cara melakukan hal-hal berikut :

Mengubah lingkungan

Apa yang anda ketahui mengenai mengubah lingkungan? Yang dimaksud mengenai mengubah lingkungan di sini adalah mencari lingkungan yang baru untuk kita tempati dan yang menurut kita adalah lingkungan yang baik. Sehingga bisa membuat kita menjadi lebih nyaman dan lebih semangat dalam menjalankan sesuatu. Seperti bagaimana sang profesor Kazuo murakami berhijrah ke amerika untuk melanjutkan studinya dan yang dia rasakan adalah rasa semangat karena lingkungannya seperti yang dia inginkan.

Menghargai pertemuan dengan orang dan kesempatan

Di dalam buku di jelaskan bagaimana profesor Kazuo bertemu dengan banyak orang yang berbeda watak. Akan tetapi satu kunci yang dilakukan oleh bapak ini yang bisa kita jadikan contoh adalah ia selalu menghargai pertemuan dengan orang lain seperti bertingkah sopan, bertukar informasi dan lain sebagainya. Sehingga membuat ia tidak pernah melewatkan momen bersama orang tersebut dan juga ia tidak pernah menyia-nyiakan kesempatan yang sedang ada di depan matanya.

Berpikir optimis dan gembira dalam keadaan apa-pun

Mungkin terdengar terlalu susah jika kita harus gembira dan optimis dalam melakukan suatu hal yang menurut kita adalah hal yang tidak bisa kita lakukan. Ini pun terjadi pada perjalanan hidup Kazuo murakami ia sangat pesimis dengan peneliti dari Jerman yang sudah mendahului penelitiannya dan juga bagaimana cara mencari 35.000 ekor sapi untuk melakukan penelitian. Akan tetapi walaupun beliau dalam kesusahan beliau berusaha tetap optimis dan tetap gembira walaupun merasa terpuruk. Akhirnya terbukti dia bisa menyelesaikannya.

Merasa tergugah atau terkesan

Maksud dari merasa tergugah atau terkesan di sini adalah kita harus mempunyai prinsip bahwa semua yang kita temukan itu mempunyai makna yang sangat mendalam contohnya bagaimana profesor Kazuo jatuh bangun dalam penelitiannya kenapa bisa demikian? Karena di dalam kesusahannya tersebut pasti ada maksud di dalamnya yang diberikan oleh Tuhan untuk kita. Sehingga kita bisa terus berpikiran positif dan melangkah ke depan.

Bersyukur

Bersyukur adalah salah satu cara yang paling penting menurut penulis. Rasa bersyukur ini harus diterapkan dalam diri manusia dan jika kita bersyukur dengan segala yang kita dapatkan sekarang. Sikap tersebut akan membuat kita mempunyai pikiran yang lebih positif sehingga gen yang baik yang khususnya berada dalam tubuh kita akan menyala/ON dan mematikan/OFF gen yang tidak baik.

Hidup dengan mementingkan orang lain dan dunia

Kebahagiaan seseorang bukan ditentukan seberapa besarnya kita membahagiakan diri kita sendiri akan tetapi seberapa besar kita bisa memberi untuk orang lain dan membuat orang lain bahagia. Itu terbukti saat kita memberi/membantu seseorang membuat hati kita menjadi lebih tenteram dan bahagia. Akibat dari kebahagiaan itulah menghasilkan gen-gen positif yang terdapat dalam tubuh kita. Sehingga gen-gen yang tidak penting akan terus terlelap.

Percaya akan adanya Tuhan

Salah satu poin ini bukanlah buatan dari beliau. Poin ini adalah asumsi dari penulis sendiri. Penulis melihat dari sisi pandang bagaimana beliau menyikapi masalah yaitu dengan melibatkan Tuhan di dalam setiap permasalahannya. Beliau adalah seorang pemeluk agama buddha. Salah satu kutipan yang bisa kita ambil adalah pada saat beliau menjadi pengisi acara di salah satu universitas di Kyoto berikut kutipan yang penulis ambil :

“selama saya melakukan penelitian ini ( DNA) , yang menurut saya menakjubkan adalah kerumitan cetak biru kehidupan manusia dan siapa yang mencetaknya pada dunia yang mikroskopis. Sudah pasti bukan manusia. dari situ saya tidak memungkiri keberadaan maha pencipta yang melampaui kita manusia, keberadaan sesuatu seperti Tuhan. Saya menyebutnya sesuatu yang agung”

Berdasarkan kutipan inilah penulis mengambil kesimpulan bahwa Tuhan itu memang mengatur segalanya dan jika kita sudah percaya padanya dan menggantungkan segala sesuatu kepadanya. Mau itu kesialan, kebahagiaan atau apa-pun itu seperti tombol turn on/off gen semua akan sirna, karena Dialah yang mengatur semuanya. Kita sebagai manusia hanya bisa berjuang, berpasrah dan berserah diri kepadanya.

Kesimpulan yang bisa kita ambil dari buku tersebut khususnya dalam artikel ini adalah bahwa tidak ada kerja keras yang tidak membuahkan hasil, yang harus kita lakukan adalah terus berjuang meraih cita-cita yang kita inginkan. Mungkin memang sulit jika mencoba sesuatu secara terus menerus tetapi tidak membuahkan hasil. Apakah Anda tahu? dulu masyarakat masa kuno melakukan trial balance untuk bisa sampai menemukan sesuatu yang pasti dan maksud yang dia cari. Dengan begitu dia bisa mengetahui sesuatu yang dia coba tersebut.

Penulis berharap dengan adanya resensi buku MISTERI DNA karya Kazuo Murakami ini bisa membuka wawasan para pembaca, karena salah satu kepuasan penulis adalah bisa membuat para pembaca lebih mudah memahami isi dari buku misteri DNA tersebut. Walaupun tulisan resensi ini tidak begitu lengkap, penulis berusaha mengambil inti sari dalam buku tersebut. Penulis meminta maaf jika masih banyak kekurangan dalam tulisan ini dan mengucapkan terima kasih dari lubuk hati yang sangat dalam atas perhatian para pembaca. (Oleh Rizky Wiradhika Ashari)

http://lpm-unsika.blogspot.co.id/2016/12/review-buku-misteri-dna-karya-kazuo.html?m=1

Comments

comments

Close